Kamis, 20 September 2012

jawabannya adalah...



KELOMPOK 1:
soal:
1. Sebutkan macam-macam siklus air menurut William Waterway Marks!
2. Sebutkan macam-macam air (bumi)!
3. Tulis  sedikitnya 2 keunikan dan keajaiban molekul air!
4. Sebutkan 3 macam siklus hidrologi!
5. Tulis sedikitnya 3 manfaat air bagi tubuh!



jawab:
1. Cosmic Water Cycle (siklus air di kosmik)", "the Atmospheric Water Cycle (siklus air di atmosfer)" dan "the Oceanic Water Cycle (siklus air di lautan)
2. -Air Tanah : Air Tanah Preatis, Air Tanah Artesis
    - Air Permukaan : Perairan Darat, Perairan Laut
3. - Air pada fasa padat jauh lebih ringan daripada air pada fasa cair. Karena itu es mengambang. Ini penting        untuk kehidupan di danau air tawar, karena es berperan sebagai penyekat terhadap pelepasan energi panas sehingga pembekuan air dari permukaan hingga ke dasar tidak terjadi.
    -Titik beku berkurang di bawah tekanan, sehingga pen-cairan terjadi di dasar glacier yang memudahkan terjadinya aliran glacier.
    - Rantai H putus di bawah tekanan, sehingga es di bawah tekanan akan menjadi plastis, sehingga daratan es di Antartika dan Artik mengalir melepaskan gunung es di atasnya. Tanpa proses ini, maka semua air akan menjadi es di daerah kutub.
4. Siklus hidrologi terdiri dari :
   - Siklus Pendek (Kecil)
    - Siklus Sedang
    - Siklus Panjang (Besar)
5.  - Bermanfaat Membuat Tubuh lebih Bugar
    - Bermanfaat Untuk Perawatan Kecantikan
     - Bermanfaat Mencegah Penyakit Berbahaya


KELOMPOK 2:
soal: 
1. Mengapa udara terasa panas saat sebelum hujan ? 
2. Apa penyebab terjadinya Hujam Asam dan apa akibatnya untuk lingkungan?
3. Mengapa gas CO (Karbon Monoksida) bersifat beracun? jelaskan !
4. Apa akibatnya untuk lingkungan jika BBM menggunakan jenis Premium dibandingkan Pertamax? zat apakah yang menjadi gas buangan udara bermotor tersebut ?
5. Apa yang terjadi jika kandungan Oksigen yang terkandung dalam udara di Bumi lebih dari 21 %?

Jawab:
1. Mendung merupakan kumpulan uap dari air laut. Pada saat mendung/sebelum hujan, uap air yang berupa gas berubah menjadi zat cair. Pada proses ini menghasilkan kalor yang akan dikeluarkan ke udara. Mendung berada lebih rendah dari awan yang berwarna putih, makan semakin dekat mendung ke bumi panas akan semakin tinggi pula. Suhu dapat lebih tinggi bila sebelum mendung terjadi sinar matahari yang sangat terik, karena sebagai hasil dari akumulasi  pelepasan kalor oleh proses tersebut diatas dengan sisa panas yang dipancarkan bumi setelah menerima energi panas dari matahari.
2.  Pencemar udara seperti SO2 dan NO2 bereaksi dengan air hujan membentuk asam dan menurunkan pH air hujan.
Dampak dari hujan asam ini antara lain:
·     Mempengaruhi kualitas air permukaan
·     Merusak tanaman 
·    Melarutkan logam-logam berat yang terdapat dalam tanah sehingga memengaruhi kualitas air tanah dan air   di permukaan Bersifat korosif sehingga merusak material dan bangunan
3. Keracunan gas CO timbul sebagai akibat terbentuknya karboksihemoglobin (COHb) dalam darah. Afinitas CO yang lebih besar dibandingkan dengan oksigen (O2) terhadap Hb menyebabkan fungsi Hb untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh menjadi terganggu. Berkurangnya penyediaan oksigen ke seluruh tubuh ini akan membuat sesak napas dan dapat menyebabkan kematian, apabila tidak segera mendapat udara segar kembali. 
4. Semakin banyak gas buang CO2 yang merugikan bagi alam karena gas CO2 mempunyai sifat gas efek rumah kaca. Gas buang dari kendaraan bermotor ini yaitu gas CO2 dan timbal.
5. Jika kadar oksigen meningkat maka akan meningkatkan 70%  kebakaran hutan, pengkaratan besi yang lebih cepat bahkan diperkirakan dapat menyebabkan kepunahan.


KELOMPOK 3
Soal :
1.       Apa itu tanah ? dan adakah tanah selain di bumi ? jelaskan
2.       Buatlah alur pembentukan tanah ! Berdasarkan alur pembentukan dan unsure yang   terdapat di tanah, sebutkan fungsi tanah!
3.       Sebutkan ciri-ciri dan contoh tanah yang cocok untuk pertumbuhan tanaman yang baik ? lengkap
4.       Apakah tanah disekitar pegunungan pasti merupakan tanah subur ? jika IYA berikan alasan, jika TIDAK berikan alasan !
5.       Tanah merupakan sesuatu yang vital dalam kehidupan. Ada pernyataan bahwa pencemaran air dan udara dapat disebabkan oleh tanah, jelaskan!

Jawab:
1. Tanah bagian kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik. Tanah sangat vital peranannya bagi semua kehidupan di bumi karena tanah menjadi wahana jelajah akar menyediakan air, udara dan unsur hara. Menurut kami tidak ada tanah selain di bumi, karena planet yang paling sempurna yang diciptakan Allah adalah bumi. Hal ini dikarenakan belum ditemukannya kehidupan selain di bumi, dan salah satu tanda adanya kehidupan adalah adanya tanah, karena tanah adalah inti dari kehidupan

2.  Batuan memerlukan waktu jutaan tahun untuk berubah menjadi tanah. Batuan menjadi tanah karena pelapukan. Batuan dapat mengalami pelapukan karena berbagai faktor.
-Faktor cuaca yang menyebabkan pelapukan batuan, misalnya suhu dan curah hujan. Pelapukan yang disebabkan oleh faktor cuaca ini disebut pelapukan fisika. Misalkan : Pemanasan matahari pada siang hari dan pendinginan pada malam hari.
Saat suhu tinggi atau panas, batu akan mengembang. Sementara itu, saat suhu rendah atau dingin, batu akan menyusut kembali. Perubahan ini terjadi silih berganti antara siang dan malam. Adanya perubahan suhu yang silih berganti ini, lama-kelamaan dapat mengakibatkan batuan tersebut pecah.
Batuan yang sudah retak, pelapukan dipercepat oleh air. Air hujan dan air terjun yang mengenai batuan secara terus-menerus dapat mengakibatkan batuan retak dan pecah. Batu karang yang berdiri kokoh di tepi laut juga dapat mengalami pelapukan. Gelombang laut yang menghantam batu karang secara terus-menerus mengakibatkan batuan tersebut terkikis sedikit demi sedikit. Satu hal yang perlu diingat, proses pelapukan setiap batuan berbeda-beda. Ada batuan yang cepat lapuk, tetapi ada juga yang lambat. 
Makhluk hidup yang menyebabkan pelapukan, misalnya pepohonan dan lumut yang disebut pelapukan biologi. Akar tumbuh – tumbuhan dapat memecah batu – batuan sehingga hancur.Pelapukan ini dapat disebabkan oleh tumbuhan atau lumut yang menempel di permukaan batuan. Tumbuhan merambat dan lumut menempel di permukaan batuan. Tumbuhan merambat akan menimbulkan lubang-lubang pada batuan tempat akarnya melekat. Lubang-lubang ini lama-kelamaan bertambah besar dan banyak. Akhirnya, batuan tersebut akan hancur.
-Binatang – binatang kecil seperti cacing tanah, rayap dan sebagainya yang membuat lubang dan menghancurkan batuan.
-Batuan, iklim, jazad hidup, topografi dan waktu. 
Adanya berbagai berbedaan dari faktor-faktor tersebut, maka proses pelapukan dan pembentukan tanah berbeda-beda. Hal ini menyebabkan adanya perbedaan jenis tanah antara satu daerah dengan daerah lainnya. Pelapukan yang mengakibatkan berubahnya bahan – bahan an-organik dan bahan organik menjadi butir – butir tanah. Maka di dalam tanah mengandung bahan-bahan jazad hidup (organik) dan bahan-bahan bukan jazad hidup (non organik) atau mineral. Pemadatan dan tekanan pada sisa – sisa zat organik akan mempercepat terbentuknya tanah.
Fungsi tanah :
a..Tempat tumbuh dan berkembangnya perakaran
b.Penyedia kebutuhan primer tanaman (air, udara, dan unsur-unsur hara)
c.Penyedia kebutuhan sekunder tanaman (zat-zat pemacu tumbuh: hormon, vitamin, dan asam-asam organik; antibiotik dan toksin anti hama; enzim yang dapat meningkatkan kesediaan hara)
d.Sebagai habitat biota tanah, baik yang berdampak positif karena terlibat langsung atau tak  langsung dalam penyediaan kebutuhan primer dan sekunder tanaman tersebut, maupun yang berdampak negatif karena merupakan hama & penyakit tanaman.   
3.  a.  Tanah Alluvial (tanah endapan), yang terjadi akibat pengendapan batuan induk yang mengalami proses pelarutan dan pada umumnya tanah endapan merupakan tanah yang subur. Tanah aluvial dibentuk dari lumpur sungai yang mengendap di dataran rendah yang memiliki sifat tanah yang subur dan cocok untuk lahan pertanian. Persebaran tanah aluvial di Indonesia banyak terdapat di Sumatera Timur, Kalimantan bagian selatan dan Jawa utara.
    b.Tanah Humus, merupakan jenis tanah yang terbentuk dari pelapukan tumbuhan-tumbuhan dan bahan organik lainnya yang telah membusuk. Tanah ini sangat subur dan cocok untuk lahan pertanian, dan baik untuk tanaman, warnanya kehitaman. Persebaran tanah ini banyak di daerah hutan di Indonesia.
    c. Tanah Vulkanik (tanah gunung api), merupakan tanah dari hasil pelapukan gunung api yang meletus. Tanah vulkanik adalah tanah yang sangat subur dan diusahakan untuk pertanian  karena kaya akan unsur hara yang diperlukan tanaman.

    4.  Ya, karena  Tanah Vulkanik (tanah gunung api), merupakan tanah dari hasil pelapukan gunung api yang meletus. Tanah vulkanik adalah tanah yang sangat subur dan diusahakan untuk pertanian  karena kaya akan unsur hara yang diperlukan tanaman.
    5.  Karena pencemaran tanah tidak jauh beda atau bisa dikatakan mempunyai hubungan erat dengan pencemaran udara dan pencemaran air, maka sumber pencemar udara dan sumber pencemar air pada umumnya juga merupakan sumber pencemar tanah. 

Sebagai contoh gas-gas oksida karbon, oksida nitrogen, oksida belerang yang menjadi bahan pencemar udara yang larut dalam air hujan dan turun ke tanah dapat menyebabkan terjadinya hujan asam sehingga menimbulkan terjadinya pencemaran pada tanah.

Air permukaan tanah yang mengandung bahan pencemar misalnya tercemari zat radioaktif, logam berat dalam limbah industri, sampah rumah tangga, limbah rumah sakit, sisa-sisa pupuk dan pestisida dari daerah pertanian, limbah deterjen, akhirnya juga dapat menyebabkan terjadinya pencemaran pada tanah daerah tempat air permukaan ataupun tanah daerah yang dilalui air permukaan tanah yang tercemar tersebut. Maka sumber bahan pencemar tanah dapat dikelompokkan juga menjadi sumber pencemar yang berasal dari, sampah rumah tangga, sampah pasar, sampah rumah sakit, gunung berapi yang meletus / kendaraan bermotor dan
limbah industri.

KELOMPOK  4
Soal :
1. Sebutkan minimal 3 manfaat hewan?
2. Bagaimana ciri-ciri hewan yang tercemar? Jelaskan dengan contoh!
3. Apa saja sumber-sumber pencemaran hewan?
4. Apa saja kriteria indikator biologi pencemaran sungai?
5. Apa yang kamu ketahui tentang kasus minamata?

Jawab
1. Manfaat hewan
-Hewan sebagai sumber makanan. Dalam hal ini hewan yang diburu dan diambil dagingnya untuk digunakan sebagai sumber makanan. Sumber makanan yang berasal dari hewan-hewan tertentu memiliki berbagai protein dan gizi yang tinggi. Beberapa hewan yang dapat dikonsumsi dagingnya adalah: ikan laut, sapi, kerbau, kambing, ayam.
-Hewan sebagai bahan dasar pakaian dan aksesoris. Hewan yang memiliki bulu tebal dapat dimanfaatkan untuk membuat pakaian, seperti yang dilakukan orang Eskimo. Orang Eskimo biasa memakai pakaian yang terbuat dari kulit hewan yang berbulu tebal dengan tujuan untuk menghangatkan tubuhnya. Dengan adanya bulu-bulu hewan tersebut, maka rasa dingin dalam tubuhnya dapat terhangatkan.
-Manfaat kulit hewan tidak hanya sebatas digunakan sebagai pakaian saja, namun juga dapat dimanfaatkan menjadi berbagai aksesoris seperti: membuat tas, sepatu, sandal, ikat pinggang, jaket, dompet dan sebagainya. Contoh beberapa kulit hewan yang dimanfaatkan untuk membuat aksesoris tersebut adalah: ular, rusa, gajah, harimau, badak, singa laut dan buaya.
Mengingat manfaat tumbuhan dan hewan begitu besar terhadap lingkungan dan alam sekitar, maka sudah kewajiban kita untuk menjaga dan melindungi ekosistemnya dari ulah-ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.
     2.   -Daging sapi tercemar radioaktif
     Fukushima adalah daerah yang terpapar radiasi nuklir pasca meledaknya beberapa reaktor di Pembangkit        Listrik Tenaga Nuklir Daiichi akibat gempa dan tsunami. Ratusan ribu orang dalam radius 30 km diungsikan. Kandungan radiasi yang tinggi di daerah ini dikhawatirkan mencemari tumbuhan dan air, yang merupakan pakan ternak pedaging
          -Daging organic lebih beresiko tercemar toksoplasma
Sebuah penelitian yang dimuat jurnal Clinical Infectious Diseases mencari makanan yang paling mungkin mengandung parasit dan bagaimana mengatasinya. Makanan yang kemungkinan besar tercemar parasit toksoplasmosis adalah daging sapi atau domba mentah, susu kambing tanpa pasteurisasi yang diproduksi secara lokal, daging organik kering atau yang diasap, serta daging tiram, kerang atau remis mentah.
     -Sapi makan sampah bertimbal
Ratusan ekor sapi asal Solo, Jawa Tengah, diperkirakan tidak layak konsumsi,karena dagingnya diperkirakan mengandung timbal. Kandungan timbal diperkirakan karena sapi-sapi itu terbiasa makan sampah di tempat pembuangan akhir,atau TPA. Ironisnya, meski sudah ada larangan, warga nekat menggembalakan sapi mereka di tempat sampah, karena biaya pakan lebih hemat.
3.  Sumber-sumber pencemaran hewan meliputi:
            ·         Dari pencemaran air
·         Dari pencemaran tanah
·         Dari pencemaran udara
      4.Indikator biologi digunakan untuk menilai secara makro perubahan keseimbangan ekologi, khususnya ekosistem, akibat pengaruh limbah.
·                     Menurut Verheyen (1990), spesies yang dapat tahan hidup pada suatu lingkungan terpopulasi, akan menderita stress fisiologis yang dapat digunakan sebagai indicator biologi.
·                     Dibandingkan dengan menggunakan parameter fisika dan kimia, indicator biologi dapat memantau secara kontinyu. Hal ini karena komunitas biota perairan (flora/fauna) menghabiskan seluruh hidupnya di lingkungan tersebut, sehingga bila terjadi pencemaran akan bersifat akumulasi atau penimbunan.
·                     Keaneka ragaman flora dan fauna ekosistem dungai tinggi menandakan kualitas air baik/belum tercemar. Tetapi sebaliknya bila keanekaragamannya kecil, sungai tersebut tercemar.
·                     Bagaimana kita dapat menggunakan indikator yang cocok? Indikator biologi pencemaran sungai harus memenuhi kriteria:
            a..      Mudah diidentifikasi.
b.      Mudah dijadikan sampel, artinya tidak perlu bantuan operator khusus, maupun peralatan yang mahal dan dapat dilakukan secara kuantitatif.
c.      Mempunyai distribusi yang kosmopolit.
d.      Kelimpahan suatu spesies dapat digunakan untuk menganalisa indeks  diversitas.
e.      Mempunyai arti ekonomi sebagai sumber penghasilan (seperti ikan), atau hama/organism pengganggu (contoh:beberapa Algae).
            f.      Mudah menimbun bahan pencemar
            g.      Mudah dibudidayakan di laboratorium
            h.      Mempunyai keragaman jenis yang sedikit.

5.  Penyakit minamata mendapat namanya dari kota Minamata, Prefektur Kumamoto di Jepang, yang merupakan daerah penyakit ini mewabah mulai tahun 1958. Pada waktu itu terjadi masalah wabah penyakit di kota Mintamana Jepang. Ratusan orang mati akitbat penyakit yang aneh dengan gejala kelumpuhan syaraf. Mengetahui hal tersebut, para ahli kesehatan menemukan masalah yang harus segera diamati dan dicari penyebabnya. Melalui pengamatan yang mendalam tentang gejala penyakit dan kebiasaan orang jepang, termasuk pola makan kemudian diambil suatu hipotesis. Hipotesisnya adalah bahwa penyakit tersebut mirip orang yang keracunan logam berat. Kemudian dari kebudayaan setempat diketahui bahwa orang Jepang mempunyai kebiasaan mengkonsumsi ikan laut dalam jumlah banyak. Dari hipotesis dan kebiasaan pola makan tesebut kemudian dilakukan eksperimen untuk mengetahui apakah ikan-ikan di Teluk Minamata banyak mengandung logam berat (merkuri). Kemudian di susun teori bahwa penyakit tesebut diakibatkan oleh keracunan logam merkuri yang terkandung pada ikan. Ikan tesebut mengandung merkuri akibat adanya orang atau pabrik yang membuang merkuri ke laut. Penelitian berlanjut dan akihirnya ditemukan bahwa sumber merkuri berasal dar pabrik batu baterai Chisso. Akhirnya pabrik tersebut ditutup dan harus membayar kerugian kepada penduduk Minamata kurang lebih dari 26,6 juta dolar.


KELOMPOK 5           
Soal :
1. Apa yang menjadi ciri khas pada sel tumbuhan dengan sel makhluk hidup lainnya?
2. Mengapa fungi tidak termasuk dalam klasifikasi tumbuhan?
3. Dari berbagai macam penyebab pencemaran yang ada, manakah yang paling berdampak buruk bagi tanaman?
4. Mengapa tumbuhan dapat digunakan sebagai indikator pencemaran?
5. Sebutkan logam apa saja yang dapat mencemari tumbuhan?

Jawab :
1.      Ciri-cirinya adalah sebagai berikut :
·Ciri yang segera mudah dikenali pada tumbuhan adalah warna hijau yang dominan akibat kandungan pigmen klorofil yang berperan vital dalam proses penangkapan energi melalui fotosintesis. Dengan demikian, tumbuhan secara umum bersifat autotrof. Beberapa perkecualian, seperti pada sejumlah tumbuhan parasit, merupakan akibat adaptasi terhadap cara hidup dan lingkungan yang unik. Karena sifatnya yang autotrof, tumbuhan selalu menempati posisi pertama dalam rantai aliran energi melalui organisme hidup (rantai makanan).
·         Tumbuhan bersifat stasioner atau tidak bisa berpindah atas kehendak sendiri, meskipun beberapa alga hijau bersifat motil (mampu berpindah) karena memiliki flagelum. Akibat sifatnya yang pasif ini tumbuhan harus beradaptasi secara fisik atas perubahan lingkungan dan gangguan yang diterimanya. Variasi morfologi tumbuhan jauh lebih besar daripada anggota kerajaan lainnya. Selain itu, tumbuhan menghasilkan banyak sekali metabolit sekunder sebagai mekanisme pertahanan hidup atas perubahan lingkungan atau serangan pengganggu. Reproduksi juga terpengaruh oleh sifat ini
·            Pada tingkat selular, dinding sel yang tersusun dari selulosahemiselulosa, dan pektin menjadi ciri khasnya, meskipun pada tumbuhan tingkat sederhana kadang-kadang hanya tersusun dari pektin. Hanya sel tumbuhan yang memiliki plastida; juga vakuola yang besar dan seringkali mendominasi volume sel
  2.     fungi dipisahkan dari tumbuhan. Karena meskipun stasioner, fungi bersifat saprotrof, mendapatkan energi dari sisa-sisa bahan organik. Selain itu, dinding sel fungi tidak tersusun dari bahan yang sama dengan tumbuhan dan malahan mirip hewan.
  3.    Dampak pencemaran air terhadap tanaman
Karena Material-material berbahaya yang menjadi bahan pencemar misalnya logam berat seperti arsen (As), kadmium (Cd), berilium (Be), Boron (B), tembaga (Cu), fluor (F), timbal (Pb), air raksa (Hg), selenium (Se), seng (Zn), juga yang berupa oksida karbon (CO dan CO2), oksida nitrogen (NO dan NO2), oksida belerang (SO2 dan SO3), H2S, asam sianida (HCN), senyawa/ion klorida, partikulat padat seperti asbes, tanah/lumpur, senyawa hidrokarbon seperti metana, dan heksana
Kalau sampai bahan pencemar diatas masuk kedalam air dan air yang sudah terkontaminasi tersebut diserap oleh tumbuhan maka bisa jadi zat berbahaya tersebut juga ada pada tumbuhan itu. Dan jika tumbuhan dikonsumsi makhluk hidup bukan tidak mungkin akan menimbulkan dampak serius terhadap kesehatan dari makhluk hidup itu sendiri.

4.       Karena,  Tumbuhan mempunyai sifat-sifat yang  merupakan pencerminan yang ada di dalam tumbuhan itu (hereditas), tetapi selain itu pertumbuhannya juga dipengaruhi lingkungan. Jadi fenotipe yang terjadi merupakan paduan dari hereditas dan lingkungan itu. Tumbuhan dapat hidup dengan baik di lingkungan yang menguntungkan. Suatu tumbuhan atau komunitas tumbuhan dapat berperan sebagai pengukur kondisi lingkungan tempat tumbuhnya, disebut indikator biologi atau bioindikator atau fitoindikator. Etau dengan istilah lain tumbuhan yang dapat digunakan sebagai indikator kekhasan habitat tertentu disebut tumbuhan indikator.

5.      Arsen (As), kadmium (Cd), berilium (Be), Boron (B), tembaga (Cu), fluor (F), timbal (Pb), air raksa (Hg), selenium (Se), seng (Zn)


KELOMPOK 6
Pertanyaan:
1. Bagaimana ciri-ciri makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh ?
2. Apakah makanan herbal sudah pasti terjamin bebas dari zat kimia ? Jelaskan !
3. Mengapa manusia tidak diperbolehkan untuk ketergantungan terhadap suplemen atau obat-  obatan baik dalam keadaan sakit maupun tidak ?
4. Mengapa makanan mentah dapat dijadikan obat segala macam penyakit ?
5. Sebutkan zat aditif apa saja yang digunakan pada makanan beserta dampak yang diakibatkan dari   penggunaan zat aditif tersebut !
Jawaban:
1. a. Lemak Hewani Secukupnya
Makanan sebaiknya mengandung lemak hewani secukupnya saja. Artinya,porsi lauk 
  yang       kita makan tidak perlu banyak seperti pada saat makan steak dimana porsi daging lebih banyak daripada sayuran dan nasi atau kentang. Sepotong ikan atau telur serta tempe dan tahu sudah cukup untuk satu kali makan.
   b. Non MSG dan Sedikit Garam
Makanan yang mengandung MSG memang memiliki rasa yang lebih gurih dan lezat. Namun konsumsi makanan dengan MSG kurang bagus untuk kesehatan jangka panjang.Dampak buruk pemakaian MSG ini sampai sekarang masih menjadi perdebatan.
Maka dari itu,sebaiknya Kita membatasi konsumsi makanan yang mengandung MSG seperti makanan ringan buatan pabrik. Cermati juga makanan yang mengandung Sodium atau Natrium karena merupakan jenis garam yang kurang bagus terutama untuk penderita hipertensi
   c. Mengandung Serat yang Cukup
     Sebaiknya,makanan yang Kita makan cukup mengandung serat.Gado-gado,urap,rujak merupakan jenis makanan yang bisa kita masukkan dalam menu makanan sehari-hari.Mengonsumsi lalapan dan sayuran yang dikukus juga baik untuk memenuhi kebutuhan serat Anda setiap hari.
  d. Sedikit Bahan Pengawet
Makanan kemasan buatan pabrik umumnya menggunakan bahan pengawet,termasuk kaldu   instan.Bahan pengawet yang terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan. Sebaiknya,Anda membatasi konsumsi makanan dengan bahan pengawet. Konsumsi makanan segar dan makanan yang baru saja dimasak lebih baik daripada makanan cepat saji yang menjadi awet karena zat kimia tertentu.
  e. Sedikit Minyak Goreng
Minyak Goreng membuat makanan menjadi berlemak.Sedangkan Anda mungkin sudah memperoleh cukup lemak dari jenis makanan lain.Selain itu, makanan yang digoreng dengan minyak suhu tinggi akan membuat gizi alami yang terdapat dalam makanan rusak.
Dan Menggoreng makanan dengan minyak jelantah atau minyak goreng yang sudah pernah dipakai juga membuat kandungan lemak trans dan radikal bebas dalam makanan meningkat.Dampaknya memang tidak muncul seketika,namun suatu saat bisa menyebabkan sebuah Kanker.
  f. Tidak Menggunakan Santan
Makanan bersantan seperti opor,soto,dan rendang mengandung kolestrol tinggi. Hati-hati menyantap makanan bersantan seperti itu,karena jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh akan meningkat.
Dampak konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi akan muncul beberapa tahun mendatang,misalnya penyempitan dan pengerasan pembuluh darah dan berbagai penyakit jantung.
  g. Hindari Makanan yang Terlalu Pedas
Makanan yang terlalu pedas dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan. Pada sebagian orang,makanan yang terlalu pedas akan menyebabkan sakit perut atau sakit maag . Anda boleh saja makan makanan pedas,tetapi jangan terlalu pedas.Selain dapat membahayakan pencernaan,makanan terlalu pedas juga akan membuat penampilan anda berantakan akibat produksi keringat yang berlebihan.
  h. Cukup Matangnya 
Makanan setengah matang seperti ikan bakar,sate, dan acar juga perlu diperhatikan,terutama bagi ibu hamil karena sama halnya dengan makanan mentah,bakteri atau virus berbahaya pada makanan setengah matang mungkin belom mati.

2.   Tidak. Sebab tidak ada bahan di dunia  yang tidak terbuat dari unsur kimia. Jadi meskipun herbal tidak terjamin bebas dari bahan atau zat kimia. Selain itu, walaupun dikatakan herbal pasti makanan herbal tersebut tetap mengalami proses, yang dalam proses tersebut dapat dijamin berhubungan dengan bahan kimia, dengan kata lain walaupun disebut herbal tetap saja tidak sungguh alami dan tidak terjamin terbebas dari zat kimia.

3.   Sebab semua hal itu pasti punya efek samping termasuk suplemen. Jika kita mengkonsumsi secara berlebihan dan ketergantungan dikhawatirkan bukan malah memberikan efek sehat pada tubuh tetapi malah memberikan efek negatif, yang lebih parah dikhawatirkan malah dapat menimbulkan penyakit baru. Harus selalu kita ingat bahwa makin hebat pengaruhnya tentu makin besar pula efek sampingnya. Begitu juga dengan suplemen makin hebat pengaruhnya maka dapat dipastikan juga makin besar efek sampingnya. Oleh sebab itu lebih baik kita mengurangi racun yang masuk ke dalam tubuh kita dibanding dengan ketergantungan suplemen.

4.   Sebab makanan mentah atau makanan kehidupan atau living food adalah makanan yang masih mengandung berbagai enzim kehidupan (berasal dari energi matahari melalui proses fotosintesa) dan yang tidak dipanaskan di atas 45 derajat Celsius. Dengan hal tersebut, kemungkinan kandungan yang masih terdapat dalam makanan tersebut dapat dikatakan masih lengkap sehingga dapat menimbulkan khasiat yang baik bagi tubuh. Dengan memakan makanan mentah pun kita dapat mengurangi racun yang masuk ke dalam tubuh kita berkurang secara berarti karena kita bukan mengkonsumsi makanan kemasan. Kalau racun yang masuk ke dalam tubuh sedikit, tubuh tidak akan berjuang melawan racun tetapi akan memperbaiki atau meregenerasi diri. Dengan memberikan kesempatan tubuh untuk memperbaiki diri, kita akan tahu bahwa sesungguhnya tubuh mempunyai kemampuan luar biasa untuk menyembuhkan dirinya sendiri dan sering juga justru membuatnya lebih segar dan lebih muda daripada sebelumnya. Jika sakit, sembari mengkonsumsi obat atau terapi yang sudah kita pilih dengan penuh kesadaran akan manfaat dan efek sampingnya, hindarilah racun yang menyebabkan sakit kita muncul. Pola makan makanan mentah merupakan sebuah tindakan mengurangi racun yang  efektif. Oleh sebab itu mengkonsumsi makanan mentah dapat dikatakan sebagai obat dari segala penyakit.
5.  Daftar Zat Aditif Makanan Yang Berbahaya
Beberapa zat aditif makanan telah diketahui melalui riset maupun studi ilmiah merugikan kesehatan manusia. Berikut adalah daftar zat aditif makanan yang sebaiknya kita hindari :
a.. Pemanis buatan
    Aspartam, (E951) lebih dikenal sebagai Nutrasweet dan Equal, ditemukan dalam makanan   berlabel “diet” atau “bebas gula”. Aspartam diyakini karsinogenik (zat pemicu timbulnya sel kanker) dan menimbulkan efek samping / reaksi merugikan seperti pusing, sakit kepala, migrain, dan kejang. Hindari jika Anda menderita asma, rinitis (hayfever termasuk), atau urtikaria (gatal-gatal). Ditemukan dalam diet bebas gula, soft drink bebas gula (sugar free), permen karet, sereal, vitamin kunyah, bahkan pasta gigi.

b. High Fructose Corn Syrup (HFSC) / Sirup Jagung Fruktosa Tinggi
    HFCS adalah pemanis buatan yang sangat halus yang telah menjadi nomor satu sumber kalori di Amerika. Hal ini ditemukan dalam hampir semua makanan olahan. HFCS dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol buruk), dan berkontribusi terhadap perkembangan diabetes dan kerusakan jaringan, serta efek samping yang merugikan lainnya. Ditemukan dalam sebagian besar makanan olahan, roti, permen, yogurt , saus salad, sayuran kalengan, sereal.

c. Monosodium Glutamat (MSG )
    MSG adalah asam amino dari proses pengolahan gula yang digunakan sebagai penambah rasa dalam hampir setiap masakan dan makanan olahan seperti snack, mie instant, dsb. Studi menunjukkan bahwa konsumsi secara teratur MSG dapat mengakibatkan efek samping yang meliputi depresi, disorientasi, kerusakan mata, kelelahan, sakit kepala, dan obesitas.

 d. Trans Fat / Lemak trans
     Trans Fat digunakan untuk meningkatkan dan memperpanjang umur produk makanan dan merupakan salah satu zat paling berbahaya yang dapat anda konsumsi. Banyak studi menunjukkan bahwa lemak trans meningkatkan tingkat kolesterol LDL (jahat) sementara menurunkan kadar kolesterol HDL (baik), meningkatkan resiko serangan jantung, penyakit jantung dan stroke, peradangan, diabetes dan masalah kesehatan lainnya. Ditemukan dalam margarin, keripik dan kerupuk, makanan yang dipanggang, makanan cepat saji (fast food).

e. Zat Pewarna Makanan
    Studi menunjukkan bahwa pewarna buatan yang ditemukan di minuman soda, jus buah botol dan makanan ringan, dapat menyebabkan masalah perilaku pada anak-anak dan mengakibatkan penurunan IQ yang signifikan. Dari penelitian terhadap hewan telah diketahui bahwa zat pewarna makanan dapat menyebabkan kanker.

f. Sodium sulfit (E221)
    Pengawet yang digunakan dalam makanan olahan. Menurut FDA (Food and Drug Administration), sekitar satu dalam 100 orang sensitif terhadap sulfida dalam makanan. Sebagian besar individu penderita asma, menunjukkan hubungan antara asma dan sulfida. Individu yang sensitif terhadap sulfida mungkin mengalami sakit kepala dan masalah pernapasan. Pada kasus yang parah, sulfida sebenarnya dapat menyebabkan kematian dengan menutup jalan pernapasan dan menyebabkan serangan jantung.

g. Natrium nitrat
    Sebuah pengawet umum yang biasanya ditambahkan untuk daging olahan seperti daging burger, ham, hot dog, dan kornet. Studi telah menyatakan adanya efek samping natrium nitrat mengakibatkan berbagai jenis kanker.

 h. BHA dan BHT
    Hydroxyanisole Butylated (BHA) dan Hydrozyttoluene Butil (BHT) adalah pengawet kimiawi yang ditemukan dalam makanan ringan, permen karet, keripik kentang, dan minyak sayur serta margarin. Pengawet kimia ini dapat mencegah makanan dari perubahan warna, perubahan rasa atau menjadi tengik. BHA dan BHT dapat menyebabkan kanker, dan banyak negara sudah membatasi bahkan melarang penggunaan zat aditif ini.

i. Sulfur Dioksida
    Zat aditif sulfur dioksida bersifat toksik (racun) dan di Amerika Serikat, FDA telah melarang penggunaan pada buah dan sayuran mentah. Zat ini dapat memicu serangan asma, bronkitis, bahkan gangguan jantung.

j. Potassium Bromate
     Zat aditif yang digunakan untuk pengembang tepung terigu pembuatan roti. Zat ini mengakibatkan kanker pada penelitian dengan hewan dan sangat berbahaya bagi manusia. Setelah anda tahu bahayanya zat-zat aditif / pengawet yang ada di dalam makanan-makanan jaman sekarang, masihkah anda mau mengkonsumsi makanan2 tersebut?



Kelompok 8:

Pertanyaan:
1.Bahaya apa saja yang timbul dari pencemaran air?
2.Sebutkan penyebab terjadinya polusi air?
3.Bagaimana usaha kita untuk mencegah dan mengatasi pencemaran air?
4.Bagaimana cara kerja air dalam tubuh ?
5.Hal apakah yang akan teman-teman lakukan jika di dunia ini sudah jarang di temukan air bersih ? 

Jawaban:
1.      a.  Terganggunya kehidupan organisme air karena berkurangnya kandungan oksigen
b.  Terjadinya ledakan ganggang dan tumbuhan air
c.  Pendangkalan dasar perairan
d.  Tersumbatnya penyaring reservoir, dan menyebabkan perubahan ekologi
e.  Dalam jangka panjang mengakibatkan kanker dan kelahiran cacat
f. Akibat penggunaan pestisida yang berlebihan selain membunuh hama dan penyakit,      juga membunuh serangga dan makhluk yang berguna terutama predator
g.  Kematian biota kuno, seperti plankton, ikan bahkan burung
h.      Dapat mengakibatkan mutasi sel kanker dan leukemia

  2.   Sumber polusi air antara lain sampah masyarakat, limbah industri, limbah pertanian dan limah rumah tangga. Ada beberapa tipe polutan yang dapat merusak perairan yaitu; bahan- bahan yang mengandung bibit penyakit, bahan- bahan yang banyak membutuhakan oksigen untuk penguraiannya, bahan- bhan kimia organic dari industri atau limbah pupuk pertanian, bahan- bahan yang tidak sediment, bahan- bahan yang mengandung radioaktif dan panas. Pembuangan sampah dapat mengakibatkan kadar O2 terlarut dalam air semakin berkurang karena sebagian besar dipergunakan oleh bakteri pembusuk. Pembuangan sampah organic maupun anorganik yang dibuang kesungai terus- menerus, selain menemari air, terutama di musim hujan akan mengakibatkan banjir.
             
3.         Usaha untuk mencegah: Menempatkan daerah industri atau pabrik jauh dari daerah pemukiman atau perumahan, pembuangan limbah industri diatur sehinga tidak mencemari lingkungan atau ekosistem, pengawasan terhadap penggunaan jenis- jenis pestisida dan zat – zat kimia lain yang dapat menimbulkan pencemaran, memperluas gerakan penghijauan, tindakan tegas terhadap perilaku pencemaran lingkungan, memberikan kesadaran terhadap masyarakat tentang arti lingkungan hidup sehingga manusia lebih mencintai , lingkungannya, melakukan intensifikasi pertanian.
Usaha untuk mengatasi: Adapun cara lain untuk mengatasi polusi air atau yang dikenal dengan sebutan banjir. Banjir ada dua macam yaitu banjir banding dan banjir genangan.
a. Banjir banding dapat diatasi secar meluas dengan didukung berbagai disiplin ilmu
b.Banjir genangan dapat diatasi dengan memebersihakan air dari penyumbatan yang mengakibatkan air meluap. Banyak orang mengatakan “ lebih baik mencegah dari pada mengatasi”, hal ini berlaku pula pada banjir genangan. Ada beberapa langkah- langkah yang dilakukan untuk mencegak banjir genangan yaitu:
c. Dalam perencanaan jalan- jalan lingkungan baik program pemerintah maupun swadaya masyarakat sebaiknya memilih material bahan yang menyerap air misalnya penggunaan bahan  dari pavling blok ( blok- blok adukan beton yang disusun denagn rongga- rongga resapan air disela- selanya. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah penataan saluran lingkungan, pembuatannyapun harus bersamaan dengan pembuatan jalan tersebut
d. Apabila di halaman pekarangan- pekarangan rumah kita masih terdapat ruang- ruang terbuka, buatlah sumur- sumur resapan air hujan sebanyak- banyaknya. Fungsi sumur resapan air ini untuk mempercepat air meresapke dalam tanah. Dengan membuat sumur resapan air tersebut, sebenarnya kita dapat memperoleh manfaat seperti berikut:
    • Persediaan air bersih dalam tanah disekitar rumah kita cukup baik dan banyak
    • Tanah bekas galian sumur dapat dipergunakan untuk menimbun lahan- lahan yang rendah atau meninggikan lantai rumah
    • Apabila air hujan tidak tertampung oleh selokan- selokan rumah, dapat dialirkan ke sumur- sumur resapan. Jangan membuang sampah atau mengeluarkan air limbah rumah tangga (air bekas mandi, cucian dan sebagainya) ke dalam sumur resapan karena bias mencemari kandungan air tanah
    • Apabila air banjir masuk ke rumah menapai ketinggian 20- 50 cm, satu- satunya jalan adalah meninggikan lantai rumah kita di atas ambang permukaan air banjir.
    • Cara lain adalah membuat tanggul di depan pintu masuk rumah kita. Cara ini sudah umum dilakukan orang, hanya saja teknisnya sering kurang terencana secara mendetail.

4.         Dengan mengosumsi air minum biasa dengan metode yang benar, tubuh manusia akan menjadi bersih. Air menggelontor usus besar secara efektif dengan membentuk darah segar baru yang dalam istilah kedokterannya haemotopaise. Adalah fakta yang tak terbantahkan bahwa dengan metode ini, lipatan lendir usus besar dan usus kecil diaktifkan. Akan halnya teori mengatakan bahwa darah segar diproduksi oleh lipatan lendir. JIka usus besar dibersihkan maka zat gizi dalam makanan yang masuk beberapa kali dalam sehari akan diserap. Dan dengan aksi lipatan lendir, unsur gizi itu akan berubah menjadi darah segar. Darah adalah unsur yang paling penting dalam menyembuhkan berbagai gangguan dan memulihkan kesehatan. Karena itu harus dikonsumsi secara teratur.
5.             Hal yang akan kami lakukan diantaranya yaitu akan sehemat mungkin dalam menggunakan air untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Selain itu, kami pun akan mengolah air yang kurang bersih menjadi bersih dengan cara-cara tertentu salah satunya yaitu, dengan proses filtrasi, dengan proses ini kami rasa dapat sedikit memberikan solusi agar tetap dapat mengkonsumsi air bersih walaupun sudah jarang ditemukan yaitu dengan memanfaatkan air yang masih ada tetapi terlebih dahulu dilakukan cara atau tahap pengolahan agar layak dikonsumsi dengan memanfaatkan cara atau ilmu yang sudah dipelajari. Selain itu, kami pun akan membuat sumur resapan agar ketika datang hujan persediaan air bersih dapat sedikit lebih banyak.



KELOMPOK 9

1. Mengapa pencemaran udara dapat menyebabkan hujan asam?
Karena adanya sulfur yang merupakan pengotor dalam bahan bakar fosil dan nitrogen diudara yang bereaksi dengan membentuk sulfur dioksida dan nitrogen oksigen yang kemudian zat-zat ini berdifusi keatmosfer dan bereaksi dengan air untuk membentuk asam sulfat dan asam nitrat yang mudah larut sehingga jatuh bersama air hujan. Selain itu, aktivitas manusia seperti industri, dan kendaraan bermotor yang  menyebabkan adanya pencemaran udara, gas-gas atau udara yang telah tercemar tersebut terbawa angin hingga ratusan kilometer di atmosfer sebelum berubah menjadi asam dan terdeposit ke tanah yang kemudian dapat menyebabkan terjadinya hujan asam.

2. Menyebutkan hal - hal yang bisa meningkatkan kadar oksigen dalam darah?
-mengkonsumsi makanan kaya zat besi, seperti daging, kaacang-kacangan, dan sayuran hijau.
-diet rendah lemak dan diet rendah natrium
-mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran, seperti buah atau sayur yang banyak mengandung vitamin E dan C.

3. Apa penyebab dari anemia?
Anemia disebabkan karena kekurangan zat besi sehingga kadar oksigen dalam darah  berkurang sehingga mengakibatkan darah tidak berfungsi dengan baik.

4. Bagaimana udara dapat mempertahankan suhu tubuh agar tetap normal?
Udara dapat mempertahankan suhu tubuh agar tetap normal  yakni dengan mekanisme fisik .Saat udara luar mengalami peningkatan temperature maka tubuh mengeluarkan keringat. Sebaliknya bila suhu udara menjadi lebih dingin, buang air kecil maka akan semakin bertambah.

5. Bagaimana cara hewan yang tidak memiliki kelenjar keringat membuang hasil metabolisme?
Bagi hewan yang tidak memiliki kelenjar keringat seperti anjing akan membuang hasil metabolism lebih banyak mempergunakan alat pernafasan sehingga frekuensi bernapas akan terjadi berpuluh kali lipat tetapi dalam keadaan normal.



KELOMPOK 10

1.sebutkan lapisan tanah yang cocok untuk lahan pertanian. jelaskan alasanya!
-lapisan tanah atas
Lapisan ini tebalnya antara 10-30 cm, warnanya coklat sampai kehitam-hitaman, lebih gembur yang biasanya disebut tanah olah atau tanah pertanian. Lapisan ini merupakan tempat pertumbuhan tanaman yang utama. Disini hidup dan berkembang biak semua jasat hidup tanah dan merupakan lapisan tanah yang tersubur.
2. sebutkan penyebab terjadinya pencemaran tanah!

kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial; penggunaan pestisida; masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan; kecelakaan kendaraaan pengangkut minyak, zat kimia, atau limbah; air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat (illegal dumping).

3. dampak pencemaran tanah terhadap kesehatan tergantung pada tipe polutan, misalnya timbal, merkuri (air raksa) dan siklodiena, sebutkan dampaknya terhadap kesehatan manusia!
Timbal sangat berbahaya pada anak-anak, karena dapat menyebabkan kerusakan otak, serta kerusakan ginjal pada seluruh populasi.Merkuri (air raksa) dan siklodeina dikenal dapat menyebabkan kerusakan ginjal, beberapa bahkan tidak dapat diobati PCB dan siklodiena terkait pada keracunan hati. Organofosfat dan karmabat dapat dapat menyebabkan ganguan pada saraf otot. Berbagai pelarut yang mengandung klorin merangsang perubahan pada hati dan ginjal serta penurunan sistem saraf pusat. Terdapat beberapa macam dampak kesehatan yang tampak seperti sakit kepala, pusing, letih, iritasi mata dan ruam kulit untuk paparan bahan kimia yang disebut di atas. Yang jelas, pada dosis yang besar, pencemaran tanah dapat menyebabkan kematian.

4.Sebutkan lapisan-lapisan tanah beserta karakteristiknya!

a. Lapisan tanah atas 
Lapisan ini tebalnya antara 10-30 cm, warnanya coklat sampai kehitam-hitaman, lebih gembur yang biasanya disebut tanah olah atau tanah pertanian. Lapisan ini merupakan tempat pertumbuhan tanaman yang utama. Disini hidup dan berkembang biak semua jasat hidup tanah dan merupakan lapisan tanah yang tersubur. Warna hitam/coklat dan suburnya tanah disebabkan oleh bunga tanah (yaitu campuran sisa tumbuh-tumbuhan dan hewan yang telah mati dan membusuk di dalam lapisan tanah atas).
b. Lapisan tanah bawah
Lapisan ini tebalnya antara 50-60 cm, jadi tebal daripada lapisan tanah atas. Warnanya kemerah-merahan, lebih terang atau lebih muda, dan lebih padat, maka sering disebut tanah cadas(padas) atau tanah keras.Umumnya kandungan zat makanan tanaman sangat sedikit. Itu saja hanya terdapat pada lapisan yang berdekatan dengan lapisan tanah atas. Disini kegiatan jasat hidup berkurang, demikian juga perakaran tanaman. Kecuali tanaman yang berumur panjang (tahunan) yang mempunyai akar tunggang yang dalam.
c. Lapisan bahan induk tanah
Di bawah lapisan tanah kedua (tanah bawah), terdapat suatu lapisan yang menyolok warnanya: kemerah-merahan atau kelabu keputih-putihan lapisan ini disebut bahan induk tanah, karena merupakan asal atau induk dari lapisan tanah bawah.Lapisan ini dapat dipecah dan dirubah dengan mudah, tetapi sukar ditembus oleh akar. Di lereng-lereng gunung lapisan ini sering kelihatan dengan jelas, dimana lapisan diatasnya telah hilang atau hanyut oleh air hujan. Maka tanah demikian itu sukar diolah dan umumnya sangat kerdil tidak banyak mengandung zat-zat makanan.
d. Lapisan Batuan Induk
Di bawah lapisan bahan induk tanah terdapat lapisan yang keempat, yang biasanya disebut bahan induk. Masih merupakan batuan pejal, belum mengalami proses pemecahan, inilah merupakan bahan induk tanah yang mengalami perubahan beberapa proses dengan makan waktu yang sangat lama.Bahan ini jauh lebih dalam, maka jarang kelihatan pada permukaan tanah. Di pegunungan-pegunungan sering kelihatan, tetapi tumbuh-tumbuhan tak dapat hidup, kalau tertutup tanah sedikit saja tumbuh-tumbuhan dapat hidup, tetapi hanya rumput-rumputan saja.

5. jelaskan arti dari tanah dan kandungan yang ada ditanah?

Tanah adalah permukaan bumi atau lapisan bumi yang di atas sekali dan dalam istilah teknik tanah adalah butiran kerikil kasar, pasir, tanah lempung, tanah liat dan semua bahan lepas lainnya termasuk lapisan tanah paling atas, sampai pada lapisan tanah keras.
Tanah mengandung mineral yang tinggi,humus,serta unsur-unsur hara makro seperti nitrogen (N), Sulfur (S), dan Kalsium (Ca) dan juga unsur-unsur hara mikro seperti besi (Fe), mangan (Mg), maupun seng (Zn).


KELOMPOK 11
1. Apa yang menyebabkan Paus Atlantik Utara terancam punah ?
Paus atlantik terancam punah karena paus ini merupakan jenis paus yang sering dijadikan perburuan oleh para  nelayan tepatnya diperairan sebelah tenggara dan timur laut AS.Paus ini diburu karena minyaknya. Selain itu adanya perubahan habitat, perubahan iklim dan kontaminasi air laut oleh industri.

2.Setelah membaca artikel mengenai “Hiduplah seperti Lebah”, apakah artikel tersebut dapat menginspirasi anda ? jika iya, keunikan apa yang terdapat pada hewan tersebut ?
Artikel tersebut sangat menginspirasi kami. Karena dari hewan berukuran kecil tersebut banyak keunikan yang dapat dijadikan inspirasi yakni lebah adalah pribadi yan tangguh dan mandiri, kreatif serta inovatif,kuat,menghasilkan sesuatu yang banyak manfaatnya yakni madu,sarang lebah dibentuk membentuk heksagonal-heksagonal dan bukan berbentuk segitiga atau silinder. Menurut penelitian para ahli bentuk heksagonal ini merupakan arsitektur yang paling efisien sebab tidak ada ruangan yang kosong daripada berbentuk segitiga atau silinder. Disamping itu sarang lebah dibuat dengan kemiringan tiga belas derajat yang bertujuan agar madu tidak tumpah. Selain itu, lebah sepanjang hidupnya selalu memakan sari bunga yang diolah menjadi madu yang sangat lezat dan bergizi. Menurut penelitian tingkat kemanisan madu lebah sejak jutaan tahun yang lalu hingga kini selalu dalam standar yang sama dan konstan (ga pernah kelebihan maupun kekurangan).

3.Bagaimana pendapat anda tentang punahnya beberapa spesies dalam artikel “Dampak Pencemaran Lingkungan” ? dapatkah kalian menyebutkan contoh lain?
Punahnya beberapa spesies yang ada kebanyakan disebabkan oleh aktivitas manusia itu sendiri. Tetapi kebanyakan manusia tidak menyadari hal tersebut, diantaranya adalah adanya penggunaan teknologi. Beberapa penyebab kepunahan lainnya yakni adalah efek polutan berbahaya bagi biota air laut dan darat, Penggunaan insektisida dapat pula mematikan predator,kesuburan tanah berkurang,dan masih banyak lainnya.
Spesies yang terancam punah :
-Anoa
anoa merupakan binatang khas dari pulau sulawesi. Hewan tersebut hanya hidup di pulau sulawesi. Jumlah hewan itu terus berkurang karena tampat hidupnya terus di rusak.
-Kura-kura berleher ular
Hewan ini banyak dijual diluar negeri.Meskipun jenis kura-kura itu baru ditemukan ,tetapi hewan tersebut sudah terancam punah. Hewan itu hanya ada di pulau Roti, Indonesia.
-Penyu hijau
Hewan ini dapat ditemukan di pantai pengumbahan dan Suaka Margasatwa Cikepuh, Sukabumi, Jawa BaratJumlahnya semakin berkurang & terancam punah.penyebabnya adalah pantai-pantai rusak dan pemburuan liar

4.Mengapa ikan paus bungkuk dapat terdampar dipinggir kolam renang? Padahal secara postur tubuh ikan paus memiliki ukuran tubuh yang paling besar?
Kemungkinan pertama bahwa  paus  tersebut termasuk mamalia yang selalu melakukan migrasi dan sudah memiliki jalur tetap ketika melakukan migrasi. Adanya  pengaruh dari kenaikan permukaan air laut sehingga ada perubahan jalur migrasi. Kemungkinan kedua, sebagai pemakan Plankton, paus dalam migrasi ada kepentingan untuk mengejar dan mendapatkan makanannya yang berada di jalur migrasi itu. Sehingga ada indikasi ketika mereka mengejar makanan yang keluar jalur tersebut sehingga terbawa arus ombak. Ketiga, pengaruh faktor perubahan iklim, Ikan paus biasanya mencari lokasi yang aman dan nyaman untuk melakukan kawin untuk waktu yang lama. Sehingga mereka keluar dari jalur migrasi untuk kawin dan mereka membesarkan anak mereka.

5.Mengapa nyamuk menjadi hewan yang paling berbahaya?
Nyamuk menjadi hewan paling berbahaya contohnya nyamuk anopheles dan aides aigepty, nyamuk pembawa parasit penyebab malaria dan dbd. Menurut para ahli, nyamuk itu telah menyebabkan kematian 50% manusia sejak zaman batu. Hingga saat ini, setidaknya telah lebih dari 200 juta orang meninggal akibat malaria dan dbd setiap tahun.  



1 komentar:

  1. The Best Casino Games in Kenya: List of Casino Games for
    There's also 전라북도 출장샵 a wide array of games, 오산 출장안마 including jackpot slots, bingo, blackjack and table 성남 출장안마 games. For a lot of players 아산 출장샵 to enjoy gambling 전주 출장안마 games,

    BalasHapus